Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Wajah

bahan alami untuk merawat kulit wajah

Siapa yang tidak ingin tampil cantik dengan kulit wajah yang sehat serta terawat? Zaman sekarang, di mana teknologi semakin maju dan modern, beragam produk perawatan kecantikan dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan produk perawatan dengan cara yang instant, seperti cream untuk memutihkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, dan sebagainya. Tapi berhati-hatilah, karena tidak semua cream perawatan ini terbuat dari bahan baku yang aman untuk kesehatan kulit dan tubuh kita.

Beberapa orang kerap mengalami problem kesehatan kulit wajah karena memiliki jenis kulit wajah yang cenderung sensitif, terutama terhadap produk skincare yang berbahan baku zat kimia. Nah, bisa sudah mengalami masalah semacam ini tentu harus segera dicarikan solusinya, karena jika terlambat akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Tidak heran jika banyak orang tua menganjurkan untuk kembali pada alam, dengan menggunakan bahan-bahan alami karena alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan, buah, dan sayur yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit wajah kita.

Berikut beberapa bahan alami yang sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan dan kesegaran serta kesehatan kulit wajah tanpa harus bersusah payah menggunakan produk perawatan kecantikan yang berbiaya sangat mahal. Tidak hanya itu, bahan alami ini dapat dengan mudah dijumpai disekeliling kita lho, bahkan beberapa diantaranya kerap digunakan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Apa saja bahan alami tersebut, akan dibahas berikut ini.

Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Wajah

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang dikenal memiliki sumber daya alam yang berlimpah, bahkan banyak dari sumber daya alam tersebut dipergunakan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan. Tidak heran jika banyak resep warisan turun-temurun dari nenek moyang yang mencatat berbagai bahan alami untuk membantu merawat kesehatan kulit wajah sehingga tetap cantik dan terlihat awet muda. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang kerap digunakan wanita Indonesia untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat dan terbebas dari masalah.

1. Madu

Siapa yang tidak kenal bahan alami yang satu ini, dan ternyata madu tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan lho karena madu juga dapat dipergunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah. Pastinya banyak yang sudah mengetahui kalau madu memiliki banyak sekali khasiat untuk merawat kulit wajah agar nampak sehat, halus, dan tentunya terbebas dari beragam masalah kulit wajah. 

Caranya, untuk mendapatkan hasil terbaik bagi kulit wajah terlebih dahulu bersihkan dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih, kemudian panaskan madu sebentar lalu oleskan dengan jari pada kulit muka.  Pijitlah secara perlahan wajah kita kemudian biarkan madu tersebut selama seperempat jam pada kulit wajah..  Setelah agak kering bersihkan madu tersebut dengan air hangat dan bilas sekali lagi dengan air dingin atau air es.

2. Kuning telur dan minyak zaitun

Kedua bahan ini sangat berkhasiat untuk melicinkan dan menghaluskan kulit kering.  Adapun caranya, ambilah sebutir telur ayam, pisahkan kuning telur dari putihnya, campurkan kuning telur tersebut dengan minyak zaitun.  Oleskan campuran ini pada kulit wajah secara merata dan biarkan selama kurang lebih seperempat jam.  Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan bilas sekali lagi dengan air dingin atau air es.

3. Alpukat

Buah ini banyak mengandung vitamin A, B, C, dan D, dan sangat berkhasiat untuk merawat tipe kulit wajah yang cenderung kering. Caranya, haluskan daging buah alpukat hingga menyerupai bubur.  Kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah, biarkan mongering hingga kulit terasa kencang, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Minyak jarak

Minyak jarak ternyata juga berkhasiat untuk merawat kesehatan kulit wajah, yaitu membantu melenyapkan kerut-kerut ketuaan di sekitar leher dan pelupuk mata.  Adapun caranya sangat mudah, oleskan secara merata minyak jarak ini pada bagian yang terlihat kerutan ketuaan secara rutin.  Hasilnya kerut pada wajah akan hilang dan wajah terlihat lebih sehat, segar, dan awet muda.

5. Yoghurt

Bahan ini sangat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai penyegar, perbersih, dan pelembab wajah.  Bahkan dapat dipergunakan untuk merawat kesehatan berbagai jenis kulit wajah, seperti kulit kering, kulit berminyak, atau kulit normal.  Caranya, ambil sedikit yoghurt lalu campurkan dengan beberapa tetes air hingga menjadi adonan yang encer.  Kemudian oleskan secara perlahan dan merata pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit.  Setelah kulit wajah terasa kencang, bersihkan dengan air hangat dan lanjutkan membilas wajah dengan air dingin atau air es.  Hasilnya, kulit wajah terasa kencang, halus, dan lembab.

bahan alami untuk kulit wajah
Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya masih banyak kekayaan alam lainnya yang dapat kita manfaatkan untuk merawat kesehatan kulit wajah, dan khasiatnya tidak jauh berbeda dengan kosmetika yang berbahan dasar kimia.  Bahkan mempergunakan bahan alami untuk merawat kulit wajah jauh lebih aman dan bebas efek samping yang merugikan kesehatan kulit wajah.  Selain itu, semua bahan ini dengan mudah dapat kita jumpai di sekeliling kita dan biayanya jauh lebih murah.  Selamat mencoba!
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar