5 Bisnis Online Pilihan Bunda

5 bisnis online pilihan bunda

Kemajuan teknologi dalam bentuk berbagai perangkat digital telah mengantarkan kaum perempuan, terutama ibu rumah tangga merambah dunia bisnis yang selama ini identik dengan perencanaan bisnis yang matang, modal awal yang cukup lumayan, teknik atau ilmu marketing yang mumpuni, dan berbagai tool bisnis lainnya, yang sepintas lalu sangat memusingkan dan sedikit njelimet. Tapi kini berkat kemajuan teknologi, setiap orang bisa membangun bisnisnya dengan lebih mudah dan terjangkau, salah satunya adalah membangun bisnis online.

Bisnis online menjadi pilihan utama bagi kaum perempuan, terutama ibu rumah tangga yang ingin mendaparkan penghasilan tambahan tanpa harus terlalu sering meninggalkan keluarga di rumah. Meskipun diklaim memiliki banyak keuntungan dalam menjalankannya, namun memilih jenis usaha online yang tepat dan berprospek tentu saja tidak mudah. Walaupun bisnis online yang akan dijalankan hanya kecil-kecilan dan berskala rumahan, namun analisis peluang usaha tetap harus dilakukan, bisa dimulai dari analisis yang paling sederhana.

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa apapun pilihan bisnis yang akan dijalani bisa memberikan peluang kesuksesan dan setidaknya mampu meminimalisir kerugian. Tapi jangan khawatir, karena banyak bisnis besar yang justru diawali dengan hal-hal yang sederhana atau bisnis skala rumahan. Berikut 5 bisnis pilihan yang mungkin sesuai dengan minat dan hobi Anda, namun memiliki prospek atau peluang yang cukup besar jika dijadikan modal awal untuk memulai bisnis online.

5 Bisnis Online Pilihan Bunda

Bisnis Online Menjadi Reseller

Reseller adalah menjual barang/produk atau jasa orang lain dengan keuntungan diskon atau mendapat harga grosir yang lebih murah dari harga produk jika dijual secara eceran atau dijual langsung kepada konsumen. Nah, menjadi reseller dari berbagai supplier online maupun offline merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan dengan risiko yang bisa dibilang cukup minimal. Ada beragam produk yang bisa dijual melalui sistem reseller, seperti fashion, alat-alat rumah tangga, makanan dan minuman, alat dapur, dan masih banyak lagi.

Jika beruntung, calon pebisnis bisa menemukan supplier yang memproduksi berbagai jenis produk sehingga produk yang akan dijual kembali kepada konsumen menjadi lebih bervariasi. Atau jika ingin fokus pada produk tertentu, bisa memilih produk apa saja yang ingin dijual secara online, yang setelah melakukan riset terbukti banyak diminati konsumen yang gemar belanja online. Mekanisme menjadi reseller sendiri bermacam-macam, tentunya mengikuti ketentuan yang ditetapkan pihak supplier. 

Namun, ada supplier yang memperbolehkan reseller menjual produk miliknya tanpa harus membeli paket reseller lho, cara ini lazim disebut sebagai reseller dropship. Bisnis online yang dijalankan secara dropship ini memungkinkan para reseller menjual produk milik supplier hanya bermodalkan gambar atau foto milik suppler, jika terjadi pembelian makan semua proses tersebut akan langsung ditangani oleh pihak supplier, bahkan sampai tahap pengiriman barang kepada konsumen juga dilakukan oleh pihak supplier dengan mencantumkan nama reseller sebagai penjualnya.

Logam Mulia atau Dinar

Logam mulia atau dinar merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang memiliki potensi sangat menguntungkan, karena setiap tahun selalu terjadi tren kenaikan harga yang cukup signifikan. Jika tertarik dan berminat, bisnis jual beli logam mulia bisa dijalankan secara online dengan modal yang tidak terlalu besar. 

Bagaimana caranya? Caranya sebenarnya hampir sama dengan sistem reseller, dimana seseorang yang menjalankan bisnis ini akan menjualkan kembali logam mulia dari distributor secara online. Selanjutnya, jika ada konsumen yang tertarik ingin membeli produk yang ditawarkan maka reseller logam mulia atau dinar akan memesankan produk yang diinginkan kepada distributor. Jika transaksi jual beli berhasil dilakukan, sudah pasti reseller akan mendapatkan komisi yang cukup menguntungkan tanpa harus memiliki stok produk tersebut.

Kreasi Flanel 

Kain flannel, selain murah, mudah didapatkan, dan juga aman digunakan untuk mainan atau hiasan. Bagi yang tertarik dengan peluang bisnis ini bisa membuat berbagai macam barang atau pernak-pernik dengan kain flannel tersebut, seperti boneka, hiasan, berbagai mainan edukatif, dan lain-lain. Namun, dibutuhkan kreativitas yang cukup tinggi dan kejelian melihat peluang agar kreasi yang sudah dihasilkan dapat dijual secara online.

Kreasi Rajutan atau Klitting

Aktivitas merajut bukanlah hal baru, namun dari kegiatan ini bisa diciptakan peluang bisnis, di mana seseorang yang tertarik dengan bisnis ini bisa membuat berbagai produk yang menarik yang bisa dijual secara online. Rajutan yang dibuat bisa dibentuk menjadi beragam kebutuhan wanita, seperti tas, syal, selimut, sweater, dan lain-lain. Asalkan bentuk dan warnanya menarik, sudah pasti akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Apalagi saat ini berbagai produk hasil kreasi rajutan bisa dijual secara online, tentu potensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas akan terbuka lebar.

Cake Hias

Sebagian besar ibu rumah tangga umumnya menyukai dunia masak-memasak, bahkan beberapa diantaranya tidak hanya suka memasak tapi juga mahir membuat aneka macam kue dan cake, mulai dari yang berukuran besar hingga yang berukuran mini. Cake hias berukuran mini dan dihiasi dengan beraneka ragam aksesoris yang bentuknya lucu-lucu dengan warna-warni yang cantik kini mulai digemari masyarakat, terutama anak-anak. 

Tidak hanya berukuran mini, terkadang cake tersebut dikemas dalam kemasan yang menarik dan cantik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli dan mencicipinya. Tentu ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, apalagi jika cake hias mini tersebut dikemas dalam kemasan yang menarik, bentuk visual yang cantik, dan rasa yang sudah pasti enak. Bisnis cake hias mini juga bisa dijual atau ditawarkan secara online lho, apalagi kini sudah banyak jasa pengiriman yang memiliki layanan khusus untuk mengantar makanan atau minuman tertentu, yang pastinya sangat membantu penjual kue atau cake hias mini yang ingin mempromosikan produk yang dijualnya secara online.

bisnis online cake hias

Sesungguhnya, masih banyak peluang bisnis lain yang bisa dijalankan secara online, hanya dengan mengetikkan kata kunci atau keyword yang diinginkan maka dengan sekejap ribuan informasi akan tersedia. Tapi pastikan bisnis tersebut aman untuk dijalani karena itu penting sebelum memulai bisnis online, pelaku bisnis pemula telah melakukan pengecekan dan mencari tahu terlebih dahulu keamanan sistem bisnis yang akan dijalani untuk menghindarkan atau meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi. Selamat menjalankan bisnis online ya Bunda!
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar