Baca Berita Anti Bosan Di IDN App Berkat 7 Fitur Unggulan Ini

aplikasi baca berita IDN App

Siapa bilang baca berita di aplikasi itu membosankan? Baca berita anti bosan di IDN App berkat 7 fitur unggulan ini. Perkembangan dunia digital memang memunculkan banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat, termasuk untuk urusan mengakses berita atau mendapatkan informasi terbaru tentang peristiwa yang sedang atau bahkan baru saja terjadi. Tidak hanya itu, pesatnya perkembangan teknologi digital ini ternyata turut mengubah cara serta kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi informasi dan berita, terutama untuk para millennials dan Gen Z.

Karakteristik aplikasi baca berita yang bisa diakses dengan cepat, darimana saja, dan kapan saja, membuat aplikasi ini cepat populer dikalangan millennials dan Gen Z. Tidak cukup sampai di situ, kemampuan aplikasi baca berita untuk melakukan inovasi fitur-fiturnya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat, membuat banyak orang lebih memilih baca berita melalui aplikasi. Fitur seperti push notification yang umumnya selalu ada dalam setiap aplikasi baca berita sangat membantu pengguna agar tidak ketinggalan berita atau informasi terbaru, baik yang sedang trending atau viral di masyarakat.

Jika mengira aplikasi baca berita selalu bergantung pada jaringan internet, segera hapuslah pemikiran itu karena pengguna dapat mengakses dan membaca berbagai topik berita baik dalam maupun luar negeri tanpa harus bergantung pada kestabilan jaringan internet. Memang, untuk awal masuk aplikasi dibutuhkan jaringan internet karena ada beberapa fitur yang membutuhkan koneksi internet untuk membukanya. Namun, ada beberapa aplikasi baca berita yang artikelnya sempat di-load akan terekam cache-nya, sehingga artikel yang belum tuntas dibaca bisa dibuka kembali tanpa harus terhubung jaringan internet.

baca berita
Image by kaboompics on Freepik

Beberapa orang mungkin bertanya apakah nyaman baca berita lewat aplikasi baca berita online? Tentu saja terbukti angka pengguna aplikasi baca berita terutama dikalangan para millennials dan Gen Z selalu bertambah. Sebagian besar dari para millennials ini setuju kalau baca berita melalui aplikasi baca berita memberikan pengalaman yang menyenangkan layaknya baca berita melalui situs atau website. Menagapa? Karena font atau huruf yang digunakan dalam aplikasi baca berita sudah disesuaikan dengan tingkat kenyamanan pembaca dari berbagai jenjang usia.

Ada satu fitur unggulan lagi yang membuat aplikasi baca berita kini semakin banyak diminati masyarakat terutama para millennials dan Gen Z, yaitu bisa nonton live streaming lewat aplikasi tersebut. Pastinya semua tahu kalau seiring kemajuan media digital, perkembangan konten digital dalam bentuk format video kini semakin digemari dan berkembang kian pesat dari hari ke hari. Tidak heran jika kemudian bermunculan banyak aplikasi live streaming yang memungkinkan penonton bisa berinteraksi secara real time dengan para streamer.

Banyak penggemar live streaming yang setuju jika aktivitas menonton ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya penonton bisa bertanya atau menjawab pertanyaan dari streamer secara cepat dan real time. Interaksi semacam inilah yang sangat disukai millennials dan Gen Z, yang menginginkan setiap masalah bisa cepat ditemukan solusinya. Di tambah lagi, para streamer yang melakukan live streaming umumnya kompeten dalam bidangnya, seperti dokter, psikolog, musisi, guru, orang yang berkecimpung dalam dunia hiburan, dan masih banyak lagi. Sehingga aktivitas nonton live streaming bisa dijadikan ajang menambah wawasan pengetahuan dan informasi baru.

Lantas, aplikasi baca berita mana nih yang memiliki banyak fitur unggulan dan sangat tepat jika diunduh oleh para millennials dan Gen Z? Tentu saja IDN App

Baca Berita Anti Bosan Di IDN App Berkat 7 Fitur Unggulan Ini

Aplikasi baca berita yang belakangan sedang tren di kalangan anak muda, yaitu IDN App ini memiliki tagline "The Voice of Millennilas and Gen Z" sehingga bisa ditebak jika konten dan fiturnya sebagian besar dibuat untuk memenuhi kebutuhan lifestyle anak muda. Bahkan, dari beberapa ulasan penggunannya, topik yang disajikan dalam aplikasi baca berita ini selain beragam juga sangat digemari millennilas dan Gen Z, seperti anime, manga, K-POP, K-Drama, dan masih banyak topik lainnya.

Namun jika ditelusuri lebih mendalam artikel-artikel yang disajikan dalam aplikasi baca berita IDN App ini juga banyak ditujukan untuk para millennilas dengan status sebagai ibu muda, seperti topik seputar parenting, food, dan kesehatan. Sehingga ibu-ibu muda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga ini mendapat hiburan dan tidak akan bosan meskipun seharian berada di rumah mengurus anak dan keluarga. Bagaimana pun, ibu rumah tangga tetaplah manusia yang butuh hiburan dan tahu berita terbaru.

Sudah mengunduh atau download aplikasi baca berita IDN App? Untuk versi terbaru 6.36.4, IDN App memiliki banyak update fitur baru yang tentunya lebih user friendly dan mudah digunakan. Dengan update versi terbaru ini, aktivitas baca berita di aplikasi tidak lagi menjadi aktivitas yang membosankan, karena IDN App memberikan pengalaman baru di mana pengguna bisa baca berita sambil nonton live streaming dari streamer favoritnya. Selain lewat aplikasi baca berita IDN App, pengguna yang suka nonton live streaming juga bisa mengakses fitur unggulan IDN App ini melalui website live streaming

Nah, bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang fitur dan konten dalam IDN App, harus simak pembahasan berikut ini. Tapi yang pasti, baca berita anti bosan di IDN App karena ada 7 fitur unggulan berikut ini.

1. Fitur Baca Berita Terbaru, Terlengkap, dan Terpercaya yang User Friendly

baca berita terlengkap

Sudah akses fitur baca berita di IDN App? Pastinya setuju kalau berita yang disajikan dalam aplikasi baca berita IDN App bisa menjadi sumber informasi terlengkap dan terbaru karena disajikan sesuai dengan isu terkini, terbaru, terviral, atau yang sedang trending di kalangan masyarakat. Pilihan topik di IDN App juga sangat beragam dan lengkap, mulai dari news, berita viral, bisnis, parenting, beauty, food, sports, travel, relationship, Korea, kesehatan, otomotif, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk ketinggalan berita serta informasi penting baik dalam maupun luar negeri, hanya dengan mengunduh IDN App baik melalui Play Store atau App Store.

Baca berita di IDN App anti hoax? Benar sekali, karena sebagai aplikasi news aggregator, liputan sumber berita IDN berasal dari IDN Media Network, yaitu IDN Times, Popbela, Popmama, Duniaku, yang sebelum rilis telah melalui akurasi sangat ketat sehingga berita yang disajikan berkualitas dan terpercaya. Aktivitas baca berita dari sumber terpercaya ini memang sangat disukai kalangan millennials dan Gen Z, hingga berdampak pada peningkatan literasi yang baik dikalangan masyarakat terutama para millennials dan Gen Z.

Fitur baca berita yang terdapat pada IDN App juga sangat user friendly sehingga mudah digunakan siapa saja, tidak hanya millennials dan Gen Z lho. Pengguna dengan mudah bisa scroll berbagai berita hingga menemukan artikel yang menarik untuk dibaca, selain itu pengguna dengan mudah bisa menemukan berbagai topik artikel favorit dengan mudah melalui fitur "Explore." Jadi siapa bilang baca berita di aplikasi baca berita IDN App itu membosankan, karena pengguna bisa eksplorasi banyak topik seru dan selalu terhubung dengan informasi terkini.

2. Fitur Baca Berita yang Terpisah Antara "Terbaru" dan Terpopuler"

baca berita hari ini di IDN App

Pengguna dijamin tidak akan kesulitan untuk mengakses berbagai topik pilihan di IDN App, karena terdapat fitur yang memisahkan antara berita yang masuk kategori terbaru dan terpopuler. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot harus scroll berbagai topik pilihan dalam IDN App, karena jumlah topik cukup banyak dan pastinya tidak semua topik diminati oleh pengguna. 

Tidak hanya fitur berita terbaru, pengguna juga bisa memilih baca berita yang masuk kategori populer, apakah berita yang sedang trending, viral. atau kategori khusus yang banyak diminati masyarakat. Di IDN App, memilih artikel yang ingin dibaca juga sangat mudah, hanya dengan menggeser jari, cukup swipe kanan atau kiri, berbagai artikel menarik dengan mudah dapat ditemukan.

IDN App juga selalu berupaya mengajak generasi muda agar selalu update dengan informasi terbaru dan menambah pengetahuan untuk meningkatkan literasi dengan cara yang menyenangkan melalui berbagai berita yang disajikan. Seperti berita olahraga terkini beserta highlight pertandingannya yang meliputi Liga Indonesia, EPL, Liga Inggris, Serie A Liga Italia, LaLiga Spanyol, dan lainnya. Bagi yang menyukai topik seputar Korea, di IDN App juga terdapat update berita terbaru tentang K-Pop, K-Drama, film Korea, atau boyband Korea yang menjadi favorit masyarakat dunia, seperti BTS atau Blackpink. Berita teknologi juga tidak ketinggalan, karena akan selalu ada update tentang review gadget, game, komputer, dan lainnya.

3. Fitur Nonton Live Streaming Lewat IDN Live Sambil Baca Berita

aplikasi live streaming

Saat ini telah hadir IDN Live, fitur live streaming di IDN App di mana pengguna bisa menonton streamer favorit secara langsung lewat aplikasi live streaming. Setiap hari, para streamer di IDN Live akan menghadirkan konten live streaming dengan topik yang beragam, khas, dan pastinya yang sedang tren di masyarakat, khususnya para millennials dan Gen Z. Apa saja topik bisa ditonton secara live streaming? Sangat beragam, mulai dari news update, cerita horor, tutorial make up, sharing tentang parenting, berbagai resep makanan favorit, tanya jawab dengan psikolog, live shopping, main bareng game online, lelang barang, sekadar ngobrol hal yang random, dan masih banyak lagi.

Selain bisa berinteraksi secara real dengan streamer favorit, penonton juga diberikan kesempatan untuk memberikan hadiah atau Virtual Gift dengan berbagai bentuk yang menarik, mulai dari makanan nusantara seperti rawon dan sate, hewan seperti cendrawasih dan komodo, barang mewah seperti motor sport dan jet pribadi, serta masih banyak lagi bentuk gift lainnya. Pemberian Virtual Gift ini pastinya akan membuat interaksi antara streamer dan penonton menjadi lebih seru, membuat streamer lebih bersemangat untuk berbagi ilmunya melalui aktivitas live streaming.

Keunggulan lainnya dari fitur IDN Live ini adalah pengguna bisa baca berita baru atau yang sedang populer sambil nonton live streaming...keren kan! Hal ini karena IDN Live telah memiliki fitur yang memungkinkan untuk Minimize Screen. Dengan fitur ini, tidak ada lagi cerita pengguna akan ketinggalan baca berita terbaru, karena aktivitas ini bisa dilakukan sambil nonton live streaming dari streamer favorit. 

website live streaming

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menonton live streaming dari streamer favorit melalui website live streaming sehingga aktivitas menonton terasa lebih menyenangkan. Apalagi fitur website live streaming IDN App tidak berbeda jauh dengan aplikasi, penonton bisa melanjutkan pekerjaan sambil nonton atau mendengarkan live streaming dari streamer favoritnya.

Di IDN App hanya bisa nonton live streaming? Tidak dong, karena pengguna yang senang tampil di depan kamera serta memiliki hobi atau keahlian yang ingin dibagikan dengan orang lain bisa ikut berpartisipasi sebagai streamer. Namun untuk menjadi salah satu streamer di IDN App, harus melalui proses kurasi dan seleksi. Jika memenuhi kriteria, maka tim IDN Live akan menghubungi untuk menjelaskan proses selanjutnya atau tahapan seleksi berikutnya.

4. Fitur Untuk Ikutan Quiz Interaktif di IDN App

kuis interaktif di IDN App

Selain baca berita terbaru dan terpopuler sambil nonton live streaming dari streamer favorit, kira-kira fitur unggulan apa lagi yang ada di aplikasi baca berita IDN App? Ada, yaitu fitur "Quiz" di mana beragam konten kuis bisa diakses melalui kanal ini, mulai dari kuis yang sifatnya hiburan, mencari tahu kepribadian, hingga Korea. Bagi pengguna IDN App, fitur kuis ini memberikan hiburan tersendiri yang menyenangkan, tidak heran jika banyak millennials serta Gen Z yang menyukai aplikasi baca berita dengan simbol warna merah putih ini. 

Topik kuis yang disajikan sangat beragam dan sangat relevan dengan kehidupan serta permasalahan yang kerap dialami para millennials dan Gen Z. Seperti, ciri untuk tahu apakah seseorang bermental lemah atau tidak, tebak sifat dari desain interior favorit, seberapa kesepian seseorang saat single, kriteria pacar idaman aktor Korea Kim Seon Ho, dan masih banyak lagi. Tapi pastikan tahu bahwa kuis ini sifatnya hanya hiburan semata ya agar tidak terlalu terbawa perasaan hingga menjadi Overthinking.

5. Fitur Memudahkan Baca Berita dari Media Lain Milik IDN Media

baca berita IDN Media

Untuk urusan baca berita pastinya setiap orang memiliki selera atau topik favorit yang berbeda-beda. Nah, di IDN App pengguna tidak hanya mengakses serta membaca berita dari kanal IDN Times semata, tapi juga dari media lainnya yang tergabung dalam IDN Media. Cara akses fitur unggulan ini sangat mudah, tinggal klik menu "Explore" yang terdapat pada home screen IDN App, setelah masuk menu Explore tinggal scroll ke bawah maka pengguna bisa menemukan berbagai media pilihan milik IDN Media dalam IDN App. Tinggal klik icon media tersebut, maka pengguna dengan mudah bisa melihat berbagai referensi berita serta artikel yang dirilis oleh media tersebut.

Ada media Popbela, yang menyajikan banyak konten membahas serba-serbi kehidupan perempuan dan beragam masalah yang kerap dihadapinya, baik yang sedang trending maupun viral, semuanya tersaji lengkap melalui media Popbela. Selain itu ada media Popmama, yang menyajikan beragam konten tentang kehidupan perempuan serta solusi untuk mengatasi masalah yang kerap dihadapinya, namun berbeda dengan Popbela untuk Popmama lebih ditujukan untuk mama millennials. Media lainnya? Tentu masih banyak dan untuk selengkapnya bisa akses menu Explore di IDN App.

6. Fitur Layanan Nonton Film Gratis Lewat "trueID"

nonton film gratis di trueID

Siapa nih yang suka nonton film atau serial gratis? Nah...nah pastinya banyak kan, di IDN App ada kanal yang menyajikan hiburan nonton film gratis bagi para millennials dan Gen Z. Fitur untuk mengaksesnya sangat mudah, tinggal klik menu "Explore" pada home screen IDN App, scroll ke bawah sedikit...langsung ditemukan kanal nonton film gratis lewat layanan "trueID." 

Ada banyak pilihan film, serial, klip pendek, baik dari Indonesia maupun negara lain, seperti Thailand, Korea, Anime populer, yang bisa ditonton sesuai selera. Kalau bingung memilih film atau serial yang ingin di tonton, mudah sekali tinggal menu Rekomendasi TrueID, maka akan muncul berbagai film dan serial yang direkomendasikan dengan berbagai pertimbangan, seperti yang paling banyak di tonton, sedang trending, hingga viral. Bahkan, ada podcast horor juga lho yang sangat cocok untuk didengarkan atau ditonton penggemar cerita horor. Bagaimana? Keren kan fitur unggulan yang satu ini!

7. Fitur Dapatkan Cuan dari IDN App Lewat Menu Kreator

menu kreator IDN App

Selain baca berita, nonton live streaming, ikutan berbagai kuis interaktif, serta nonton film gratis di trueID, pengguna juga memiliki kesempatan mendapatkan cuan lewat Menu Kreator pada aplikasi baca berita IDN App. Tentunya untuk mengakses menu ini ada syaratnya, pengguna harus mendaftar dan memiliki akun serta login dahulu di IDN App, dan sangat disarankan untuk mengisi profil secara lengkap. 

Pada Menu Kreator, terdapat dua kanal yang bisa dipilih pengguna, yaitu Berita dan IDN Live. Untuk yang menyukai aktivitas menulis artikel atau memang memiliki profesi sebagai penulis, bisa memilih kanal Berita. Sedangkan pengguna yang menyukai aktivitas membuat konten dalam format video atau menjadi seorang streamer bisa memilih kanal IDN Live.

Apakah bisa untuk pemula? Sangat bisa, karena pada masing-masing kanal sudah terdapat panduan menulis dan tips bagi yang memilih live streaming, sehingga konten yang dihasilkan baik dalam bentuk artikel atau tulisan maupun video streaming bisa dikemas dengan menarik hingga mendatangkan banyak views. Oh iya, dalam dashboard berita atau penulis terdapat fitur yang berhubungan dengan konten tulisan yang dibuat, yaitu draft, artikel moderasi, artikel revisi, artikel terbit, dan artikel di tolak. Nah, agar artikel minim revisi sebaiknya baca dengan teliti panduan membuat tulisan atau artikel yang sudah dishare IDN App melalui menu panduan menulis.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan cuan dari Menu Kreator? Tenang, simak penjelasan singkat berikut ini.

Penulis yang berhasil menerbitkan tulisan atau artikelnya di IDN App dan tergabung dalam Community Writers akan berkesempatan mendapatkan IDN Point dari setiap Page Views artikel yang bisa dibaca di IDN App. Namun, selain dari page views, penulis juga berkesempatan mendapatkan IDN Point dengan mengikuti Event Bonus Point Ekstra yang tersedia. IDN Point yang berhasil dikumpulkan bisa di redeem menjadi uang tunai dan dikirimkan melalui rekening bank atau e-wallet yang tentunya sudah terverifikasi.

Untuk streamer yang melakukan live streaming melalui kanal IDN Live, juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan IDN Point melalui total Virtual Gift yang diterima. Jadi, inilah salah satu manfaat jika penonton memberikan Virtual Gift untuk streamer favoritnya. Virtual Gift yang diterima streamer akan dikonversi menjadi points. Semakin mahal Virtual Gift yang dibeli penonton live streaming dan diberikan pada streamer, maka point yang akan didapatkan juga semakin banyak. Sedangkan cara redeem point untuk menjadi uang tunai bagi streamer sama seperti penulis.

Program Referral Pada Aplikasi Baca Berita IDN App

Satu lagi fitur di aplikasi baca berita IDN App yang akan dibahas dan pastinya sangat bermanfaat untuk pengguna adalah "Program Referral." Untuk program referral ini, pengguna memiliki kesempatan yang sama untuk mengundang teman bergabung atau join serta mendownload aplikasi baca berita IDN App. Bagi pengguna yang berhasil mengundang teman untuk bergabung dan download IDN App, akan berkesempatan mendapatkan benefit tertentu, seperti uang tunai dan lainnya. 

Yuk...bagi yang ingin merasakan asyiknya baca berita sambil menikmati hiburan seperti nonton live streaming dari para streamer favorit, ikutan kuis interaktif, nonton film gratis lewat trueID, dan masih banyak lagi bisa segera mengunduh aplikasi baca berita IDN App, dan jangan lupa masukkan Kode Referral: mut.m34ege7xag.

program referral IDN App

Dengan banyaknya fitur unggulan yang menarik, menambah wawasan baru, sekaligus memberikan hiburan, rasanya tidak berlebihan jika aplikasi baca berita IDN App kerap disebut juga sebagai "One Stop Platform" di mana para millennials dan Gen Z bisa baca berita terbaru dan terlengkap sekaligus nonton live streaming dalam satu waktu.

Nah, bagi yang lebih suka nonton live streaming melalui komputer, tenang...jangan khawatir karena IDN App juga memiliki versi website live streaming untuk mengakses fitur IDN Live. IDN Live yang diakses melalui website live streaming memiliki fitur yang sama dengan IDN Live pada aplikasi baca berita IDN App. Pengguna bisa menonton secara interaktif streamer favoritnya, sekaligus melakukan live chat atau mengirimkan Virtual Gift dengan cara yang sama. 

Keunggulan lainnya yang membuat para millenials dan Gen Z wajib download aplikasi baca berita IDN App adalah tidak ada iklan yang menganggu saat baca berita, nonton live streaming, atau saat mengakses fitur lainnya. Dengan berbagai fitur yang unggul ini, aplikasi baca berita IDN App harus menjadi satu-satunya referensi millennials dan Gen Z untuk meningkatkan literasi, menambah wawasan baru, serta menyuarakan aspirasinya demi mendukung Indonesia Maju!

Referensi Artikel:

https://www.idntimes.com/tech/trend/laura-ac/review-idn-app-c1c2?page=all

https://www.idn.media/News-content/Uncategorized/476/Yuk-Coba-IDN-Live,-Fitur-Menonton-Live-Streaming-yang-Ada-di-IDN-App

Baca Juga

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Aku pertama gabung di IDN tuh tahun 2018, ikutan workshopnya juga dan sempet jadi writer beberapa waktu dan udah pernah payout dari IDN juga alhamdulillah lumayanlah buat beli HP baru haha, masyaAllah jadi keinget masa2 itu, eh skrg udah ada Appnya yaa..

    BalasHapus
  2. Bedanya IDN sama aplikasi baca yang serupa: IDN nggak banyak iklan, jadi pas baca nyaman banget..

    BalasHapus
  3. berasa up to date berita di luar ya mbak, ada fitu live streamingnya, dan fitur tanya jawab yang bikin menarik pembacanya

    BalasHapus
  4. Keren ya IDN ada konten streamer nya jadi gak ketinggaln berita deh dan bisa nonton kapan saja

    BalasHapus
  5. Memang bikin anti bosan baca berita di IDN App. Dan memang adanya fitur unggulan membuat aplikasi baca beritamakin banyak diminati. Termasuk kedua anakku yang Gen Z, yang demen nonton live streaming lewat aplikasi

    BalasHapus
  6. Aku instal IDN APP juga. Ga bosenin emang mantengin apikasinya karena beraneka ragam jenis berita dan info yang kita bisa dapat.

    BalasHapus
  7. Wah iya
    Aku juga sudah install aplikasi IDN app ini
    Nggak bosen baca berita di sini

    BalasHapus
  8. Jadi paham dengan unggulan di IIDN..keren ya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Appnya makin hari makin keren, aku pertama kali install itu 2020. Waktu itu aja udah keren kita bisa bookmarks berita yg kita pengen, eh belakangin ada fitut streamernya ya

    BalasHapus
  10. Fitur-fiturnya memang asyik dan interaktif ya IDN App ini. Selain itu para penggunanya pun diberi kesempatan untuk ikut berbagi melalui fitur streamer atau tulis berita. Semua orang pun bisa jadi creator dengan aplikasi IDN ini.

    BalasHapus
  11. Wah isi berita di IDN App lengkap ya Kak? Aku tu paling tertarik dengan poin tujuh secara aku suka dengan poin tujuh karena aku suka menulis, wkwkwk.

    BalasHapus
  12. Nonton live streaming di IDN seru banget dan sangat menghibur. IDN keren banget sih menurut aku, selalu menampilkan berita ter update yang dapat dinikmati dimana saja

    BalasHapus
  13. Salah satu platform favorit nih, emag banyak fiturnya sih jd lebih praktis rasanya, coba aja idn app seriesny lebih banyak lagi kek platform drakor lainnya, uhuy, mugkin bakal lebih banyak peminatnya

    BalasHapus
  14. Aku biasa baca berita di IDN juga..
    Walau belum menggunakan aplikasi Karena terbiasa mencari berita melalui laptop. Dan selama ini selalu puas dengan berita yang disajikan menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami serta tampolan websitenya yang clean, gak banyak iklan apalagi pop up ads yang bikin sebel.

    Alhamdulillah, UDN bisa jadi rujukan ketika membutuhkan informasi.

    BalasHapus
  15. Kalau lolos jadi streamer di IDN App sebenarnya bisa melatih kemampuan berbicara kita ya mbak. Saya pun tertarik nih untuk mendapat peluang penghasilan sampingan dengan mengirim tulisan ke IDN App

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan membaca tulisan saya, semoga menginspirasi. Mohon maaf jika meninggalkan Link Hidup akan saya hapus.