Tips Memulai Usaha Sampingan Karyawan

tips memulai usaha sampingan

Gaji Bunda selalu habis sebelum akhir bulan? Itu merupakan salah satu tanda bahwa saatnya Bunda memiliki usaha sampingan sebagai solusi untuk mengatasi keuangan yang selalu defisit sebelum tiba waktu gajian. Ada banyak usaha sampingan karyawan yang bisa Bunda pilih untuk membantu mengatasi krisis keuangan yang sedang melanda dompet Bunda. Namun, tidak semua usaha tersebut mampu berjalan berdampingan dengan pekerjaan yang saat ini sedang dijalani. Karena sifatnya hanya sampingan, maka sudah pasti usaha sampingan tersebut porsinya tidak melebihi pekerjaan utama.

Namun, dalam kenyataannya, seringkali usaha sampingan membutuhkan tenaga, waktu, dan pikiran yang tidak kalah besarnya dengan pekerjaan utama. Akibatnya, bukan tambahan penghasilan yang didapat melainkan timbul stress yang besar akibat ketidakmampuan membagi perhatian yang cukup untuk dua pekerjaan tersebut. Pekerjaan utama menjadi terbengkalai dan tujuan memiliki usaha sampingan menjadi tidak atau kurang berhasil. Untuk alasan itulah maka akan dipaparkan di bawah ini beberapa tips memulai usaha sampingan karyawan agar tidak menganggu profesi utama Bunda sebagai karyawan.

Tips Memulai Usaha Sampingan Karyawan

Mulai Dari Hobi 

Seringkali di waktu senggang atau saat libur, Bunda gunakan waktu tersebut untuk refresing dan menyalurkan hobi Bunda. Nah, jika Bunda memiliki hobi yang unik, mengapa tidak gunakan hobi tersebut sebagai usaha sampingan yang menghasilkan. Sehingga Bunda tidak perlu mengalokasikan waktu khusus untuk memulai usaha sampingan, sambil menyalurkan hobi Bunda juga mendapatkan peluang menambah penghasilan. Banyak orang sukses yang justru mengawalinya dari hobi sehingga tidak ragu untuk meninggalkan profesi atau pekerjaan utamanya.

Manfaatkan Keahlian atau Keterampilan yang Dimiliki

Ada memiliki keahlian berbahasa asing atau desain grafis, dan menjalani profesi dalam bidang tersebut? Tidak ada salahnya Bunda menggunakan keahlian atau keterampilan tersebut untuk memulai usaha sampingan. Bunda bisa membuka kursus di rumah pada waktu libur atau week end, atau jika tidak mau repot Bunda bisa membuka kursus secara online. Apalagi dengan kemajuan teknologi dalam bentuk aplikasi pintar, Bunda bisa membuka kursus secara online dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan beberapa aplikasi yang memang dirancang khusus untuk keperluan tersebut secara gratis. 

Bunda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kelas yang di buka secara online. Disamping tidak menyita waktu untuk fokus pada pekerjaan utama, usaha sampingan ini tidak memerlukan rencana bisnis yang terlalu sulit sehingga Bunda lebih menikmatinya. Poin plusnya, Bunda bisa meningkatkan ilmu dengan berbagi dan menambah jaringan pertemanan.

Manfaatkan Internet Untuk Mendukung Usaha Sampingan

Apapun jenis usaha yang Bunda pilih sebagai usaha sampingan, tentunya harus dipromosikan dan dipasarkan. Jika Bunda selama 5 atau 6 hari dalam satu minggu sibuk bekerja, bagaimana Bunda bisa mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa yang akan Bunda jual?

Untuk hal tersebut, gunakan fasilitas yang disediakan oleh internet. Saat ini, internet adalah salah satu media promosi dan pemasaran yang paling efektif dan murah, serta memiliki jangkauan yang sangat luas, tidak terbatas tempat dan waktu. Keunggulan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan usaha sampingan Bunda, sehingga Bunda tetap bisa fokus pada pekerjaan utama dan di waktu senggang bisa Bunda manfaatkan untuk melakukan promosi secara teratur hanya menggunakan komputer atau smartphone yang tentunya telah terhubung ke jaringan internet.

---

Selain tips yang telah disebutkan di atas, sesungguhnya masih banyak tips lainnya yang mungkin bisa mengatasi keraguan Bunda untuk memulai usaha sampingan. Ada banyak cara untuk mensiasatinya, namun yang terpenting Bunda memiliki tekad dan niat yang kuat untuk sukses dan berhasil dalam membangun usaha sampingan tersebut, karena tanpa hal itu apapun usaha Bunda maka akan berakhir sia-sia.

Selain itu, pilihlah usaha sampingan karyawan yang tidak terlalu menyita waktu dan pikiran Bunda, sehingga tetap bisa fokus pada pekerjaan utama. Dan yang terpenting, jangan malas untuk mencari dan menggali informasi seputar usaha sampingan tersebut, agar Bunda mendapat pengetahuan yang cukup sebelum memulainya. Buatlah rencana bisnis yang sederhana agar Bunda bisa memulai usaha sampingan secara bertahap sesuai waktu, kondisi, dan beban pekerjaan utama yang sedang dijalani.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk memudahkan usaha Bunda dalam mempromosikan usaha yang dimiliki, bisa memanfaatkan media digital. Saat ini banyak media dan platform digital yang telah menyediakan fitur mudah bagi pengguna yang memiliki usaha terutama skala UMKM. Nah, keberadaan platform digital ini tentu sangat membantu Bunda yang bekerja sebagai karyawan tapi ingin membuka usaha sampingan. Jangan khawatir Bunda, ada banyak jalan untuk menambah penghasilan meskipun saat ini Bunda masih berstatus sebagai karyawan.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar