Satu QRIS Untuk Semua Aplikasi Digital Payment, Tinggal Scan Saja!

cara menggunakan qris

Siapa nih di antara Bunda yang sudah jarang membawa dompet atau uang tunai saat bepergian ke luar rumah? Harus diakui nih Bunda, di era yang serba digital seperti sekarang ini, turut merubah banyak kebiasaan dalam masyarakat, terutama untuk urusan belanja dan transaksi sehari-hari. Tidak heran jika smartphone menjadi salah satu barang wajib yang tidak boleh ketinggalan ya Bunda. Mau belanja apapun, bayarnya sangat mudah dan praktis, tinggal scan kode QR yang ada di kasir dan dalam hitungan detik transaksi pembayaran selesai dilakukan. Duh...sebagai Bunda Digital harus tahu dan minimal pernah mencobanya, di jamin untuk transaksi sehari-hari berikutnya lebih suka menggunakan QR Code atau kode QR.

Bunda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Digital Payment atau pembayaran digital, bahkan mungkin sudah menjadikan cara pembayaran ini sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Saya memiliki pengalaman yang lumayan bikin terkejut lho Bunda ketika untuk pertama kalinya belanja di pasar tradisional setelah hampir dua tahun berbelanja di berbagai platform digital. Seperti biasa namanya juga belanja di pasar tradisional, pastinya selain membawa smartphone juga tidak lupa membawa uang tunai. Setelah selesai memilih sayuran di kios langganan saya, langsung deh belanjaan saya dihitung. 

Ketika sedang membuka dompet untuk membayar sayuran yang saya beli, eh...ibu pemilik kios sayur malah menawarkan pembayaran bisa menggunakan QRIS sambil menunjukkan Kode QR miliknya. Ah...ternyata transaksi digital payment kini mulai merambah ke pasar tradisional yang bikin urusan belanja makin praktis tentunya. Tidak hanya itu, selain menawarkan pembayaran menggunakan QRIS, ibu penjual sayur langganan saya juga menawarkan cara pembayaran digital lainnya, salah satunya dengan dompet digital. 

cara buat qris
Foto: https://qris.id/

Wah...kenyataan ini membuat saya makin terheran-heran dan kagum, apalagi setelah tahu ibu pemilik kios sayur tersebut juga memiliki usaha rumahan yang pemasarannya dilakukan secara online. Ternyata Bunda, semakin majunya teknologi digital memunculkan berbagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, apapun profesinya termasuk ibu rumah tangga. Apalagi peluang bisnis ini didukung oleh banyaknya platform aplikasi usaha digital yang tidak hanya membantu Bunda mengontrol bisnis lebih mudah tapi juga melakukan berbagai transaksi secara digital, seperti menggunakan Digital Payment.

Sekilas Mengenal Digital Payment dan Jenis-jenisnya

Bunda harus tahu nih, dilansir dari situs Bank Indonesia, pada periode Agustus 2021 Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi menggunakan uang elektronik atau e-money di Indonesia mencapai 24,75 triliun, dengan volume transaksi menggunakan uang elektronik tercatat sebesar 439 juta kali pada periode yang sama. Itu artinya satu orang dalam satu hari bisa melakukan transaksi berkali-kali menggunakan uang elektronik, dan kenyataan ini menunjukkan betapa digital payment sangat digemari oleh masyarakat modern masa kini, termasuk saya dan Bunda semua pastinya!

Sebenarnya apa itu Digital Payment? Dirangkum dari berbagai sumber, Digital Payment atau pembayaran digital adalah sistem pembayaran yang secara penuh menggunakan fasilitas internet sebagai perantara dan dilakukan secara online. Metode pembayaran ini berkembang sangat cepat karena memiliki ciri serta karakteristik yang sangat disukai masyarakat masa kini, yaitu praktis, mudah, dan cepat. Hanya membutuhkan smartphone dan internet, semua transaksi pembayaran dengan cepat bisa dilakukan. Tidak heran jika banyak pemilik usaha yang menyediakan fasilitas digital payment untuk konsumennya.

biaya qris
Foto: pexels.com/

Di Indonesia, masyarakat mengenal beberapa jenis digital payment yang cukup populer dan banyak digunakan untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Bahkan, beberapa diantaranya terafiliasi dengan bank, dan beberapa lainnya merupakan platform aplikasi mandiri yang memang dikembangkan memiliki fitur digital payment. Berikut jenis-jenis digital payment yang populer di Indonesia.

Jenis-jenis Digital Payment Di Indonesia, Diantaranya

1. Transfer Bank

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, khususnya dalam digital payment, transfer bank kini bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Nasabah bank tidak perlu repot harus antri berjam-jam di bank hanya untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, karena semua itu bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Hanya berbekal komputer dan smartphone yang telah terkoneksi dengan jaringan internet, nasabah bisa menikmati berbagai fasilitas yang bisa diakses secara online, yaitu internet banking, mobile banking, atau SMS banking.

Cara bertransaksi sangat mudah lho Bunda, jika memilih fasilitas internet banking maka yang harus dipersiapkan hanya komputer atau smartphone yang telah tersambung internet, serta memiliki User ID dan PIN. Sedangkan jika Bunda memilih fasilitas mobile banking, harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi mobile banking resmi dari bank dimana Bunda menjadi nasabahnya melalui smartphone, baru setelah itu login menggunakan kode akses. Jenis digital payment ini bisa digunakan untuk membayar berbagai transaksi yang Bunda lakukan dari mana saja dan kapan saja.

2.  Dompet Digital atau E-Wallet

Bunda pastinya sudah pernah bertransaksi menggunakan dompet digital atau E-Wallet. Hayoo...ada berapa nih aplikasi dompet digital yang terinstall di smartphone Bunda? Pastinya lebih dari satu nih.  Dompet Digital atau E-Wallet merupakan suatu layanan elektronik yang berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus sebagai solusi sistem pembayaran yang memudahkan penggunanya melakukan transaksi pembayaran secara digital.

Untuk mendaftar sebagai pengguna dompet digital atau e-wallet sangatlah mudah, Bunda hanya perlu mengunduh aplikasi dompet digital melalui smartphone, kemudian mendaftarkan diri, dan mengisi saldo, maka dompet digital sudah bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Jika saldo dompet digital atau e-wallet habis, Bunda hanya perlu melakukan top-up atau isi ulang melalui berbagai cara, dompet digital sudah bisa dipergunakan kembali.

Tidak hanya itu, Bunda dapat melakukan verfikasi dengan kartu identitas untuk mendapatkan layanan premium dompet digital, yaitu fasilitas transfer atau tarik uang dari dompet digital ke rekening bank yang dimiliki...keren kan! Di Indonesia, ada beberapa aplikasi dompet digital yang sangat diminati masyarakat terutama generasi milenial, antara lain Gopay, OVO, Dana, LinkAja, ShoppePay, dan lainnya.

3. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard

Siapa nih diantara Bunda yang sudah pernah bertransaksi menggunakan QRIS? QRIS kini menjelma menjadi salah satu digital payment yang sangat diminati masyarakat, khususnya generasi milenial. Apalagi penggunaan QRIS ini didukung banyak pemilik bisnis, mulai dari toko-toko besar di pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional. Tidak heran jika QRIS dengan cepat melejit diantara ekosistem digital payment lainnya. Apalagi hanya dengan satu QR Code dari QRIS bisa digunakan sebagai digital payment dari berbagai aplikasi dompet digital dan perbankan. Kok bisa? Berikut penjelasan lengkapnya ya Bunda.

Satu QRIS Untuk Semua Aplikasi Digital Payment

Dilansir dari situs investor.id, sepanjang tahun 2021 layanan QRIS yang dirilis Bank Indonesia telah digunakan sebanyak 375 juta transaksi. Ini artinya jumlah transaksi mengalami peningkatan sebanyak 202,41% dari tahun sebelumnya, yaitu tahun 2020 sebanyak 124 juta transaksi. Peningkatan transaksi menggunakan QRIS ini turut didukung dengan bertambahnya jumlah merchant pengguna QRIS yang kini mencapai 14,8 juta merchant.

Selain bertambahnya jumlah merchant pengguna QRIS, peningkatan jumlah transaksi ini juga didukung dengan semakin bertambahnya platform aplikasi dompet digital dan perbankan yang menyediakan fitur QRIS pada aplikasinya. Bahkan, kini sudah ada Aplikasi Usaha yang tidak hanya membantu pemilik bisnis mengelola usaha lebih mudah tapi juga melengkapi aplikasinya dengan fitur QRIS, sehingga konsumen yang berbelanja bisa membayar transaksi lebih cepat dan aman, seperti Aplikasi Usaha SooltanPay.

Nah, setelah Bunda mengenal apa itu digital payment dan jenis-jenisnya, kini saatnya mengenal lebih dekat tentang QRIS terutama cara menggunakan QRIS agar transaksi pembayaran yang Bunda lakukan lebih aman. 

Apa Itu QRIS

Dilansir dari situs Bank Indonesia, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard yang diluncurkan tahun 2019 lalu adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia dengan tujuan agar proses transaksi QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Sesungguhnya, QRIS bukanlah aplikasi baru, melainkan sebuah standar nasional QR Code yang diwajibkan bagi seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan QR.

Dalam sistem pembayaran, QR Code adalah pengembangan teknologi yang membantu perangkat dalam mengirim sejumlah data agar kegiatan yang dilakukan bisa terlaksana dengan cepat, praktis, efisien, dan simpel khususnya dalam transaksi pembayaran. Bank Indonesia sangat mendukung pembayaran menggunakan kode QR karena layanan sektor keuangan dan pembayaran yang berbasis nontunai bermanfaat bagi ekonomi dan masyarakat, khususnya dalam konteks efisiensi dan efektivitas.

qris adalah
Foto: https://qris.id/

Tidak hanya itu, penggunaan QRIS juga sebagai upaya untuk mengakseslerasi para pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia dalam menyongsong era ekonomi digital, dimana transaksi digital menjadi salah satu ujung tombaknya. Tahukah Bunda, jika penggunaan QRIS akan semakin mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli, pastinya konsumen merasa senang dan sangat terbantu nih!

Meskipun Bunda kerap menggunakan QRIS untuk melakukan digital payment sebagai konsumen, tapi tidak ada salahnya tahu cara buat QRIS. Apalagi saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat dijadikan alat pembayaran di berbagai toko, warung, bayar parkir, tiket wisata, hingga melakukan donasi, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Untuk kebutuhan menerima pembayaran dengan QRIS ini, merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari Bank Indonesia, seperti Aplikasi Usaha SooltanPay. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari pembeli yang bertransaksi menggunakan kode QR dari penyelenggara aplikasi manapun.

Keunggulan QRIS sebagai Digital Payment

Sebagai konsumen yang sudah sering menggunakan QRIS sebagai digital payment, tentu sudah merasakan bagaimana sistem pembayaran ini selain mudah dan praktis juga cepat terkonfirmasi. Pengalaman saya saat menggunakan QRIS untuk pembayaran perpanjangan domain dan hosting, langsung terkonfirmasi dalam hitungan detik sehingga saya tidak perlu repot melakukan konfirmasi lagi secara manual dengan mengirimkan bukti tanda pembayaran. 

Selain itu, saya juga sering menggunakan sebagai digital payment untuk mengisi saldo salah satu platform digital yang membantu pekerjaan saya sebagai web content writer. Tidak perlu konfirmasi secara manual, saldo langsung bertambah. Berdasarkan pengalaman ini, saat belanja saya lebih sering menggunakan QRIS sebagai digital payment asalkan toko tempat saya berbelanja menyediakan fasilitas pembayaran dengan QR Code.

qris dapat menerima pembayaran dari mana saja
Foto: pexels.com/

Bagaimana, Bunda tertarik ingin mencobanya juga? Ternyata selain menawarkan transaksi pembayaran lebih mudah, praktis, dan cepat, hadirnya standarisasi digital payment dengan QRIS ini memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti berikut ini.

1. Transaksi Pembayaran Lebih Cepat dan Kekinian

Bunda digital pastinya sudah merasakan manfaat bertransaksi menggunakan QRIS, dimana proses pembayaran menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien. Bunda juga tidak perlu bingung melakukan transaksi dengan QRIS, karena kode QR ini sudah support berbagai aplikasi pembayaran baik dari bank maupun nonbank. Jadi hanya berbekal aplikasi pembayaran yang Bunda miliki di smartphone, Bunda sudah bisa melakukan pembayaran atas barang-barang yang dibeli dengan mudah dan cepat.

Jadi Bunda tidak perlu repot membawa uang tunai untuk belanja kebutuhan sehari-hari, cukup dengan membawa smartphone dan memiliki aplikasi pembayaran digital, semua transaksi pembayaran bisa dilakukan. Transaksi digital menggunakan QRIS juga lebih kekinian karena menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat modern masa kini yang sangat menghargai waktu.

2. Jaminan Keamanan Saat Bertransaksi 

Saat pertama kali meluncurkan QRIS, Bank Indonesia menjelaskan bahwa QRIS hadir sebagai alternatif pembayaran non tunai yang tidak hanya menawarkan kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan saat bertransaksi, tapi juga dari sisi keamanan bagi penggunanya. Jaminan keamanan tersebut sesungguhnya berasal dari regulasi penerapan QRIS yang hanya boleh dilakukan oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang tentunya dipercaya oleh pihak pengembang QRIS di Indonesia.

Pengguna QRIS juga terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS pastinya sudah memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Nah, sebagai informasi tambahan buat Bunda, data yang tersemat dalam QRIS merupakan kode unik yang berisi informasi mengenai pihak pengguna Kode QR, dan integrasi sistem bisnis ini tidak bisa direplikasi oleh orang lain. Bunda harus tahu nih, kalau setiap transaksi yang dilakukan secara digital menggunakan kode QR yang sudah terstandarisasi, maka secara otomatis ditransfer dari sumber dana nasabah ke dalam sistem keuangan dari merchant tersebut.

3, Penggunaan QRIS Dapat Mengurangi Risiko Beredarnya Uang Palsu

Maraknya isu uang palsu akhir-akhir ini pastinya sangat mengkhawatirkan buat bunda-bunda yang setiap hari harus berbelanja kebutuhan sehari-hari. Apalagi tidak semua pedagang atau pemilik toko/kios memiliki alat yang mampu mendeteksi uang palsu. Nah, hadirnya uang digital atau dompet digital di mana dalam aplikasi tersebut tersedia fitur pembayaran dengan kode QR menjadi solusi agar Bunda tidak perlu repot menggunakan uang tunai saat melakukan transaksi pembayaran.

Jadi Bunda, kehadiran pembayaran digital menggunakan QR Code ini dianggap bisa menjadi solusi untuk mengurangi beredarnya uang palsu yang sangat merugikan, tidak hanya konsumen tapi juga pemilik usaha. Oh iya Bunda, penggunaan QRIS saat melakukan transaksi pembayaran tidak ada biaya tambahan untuk konsumen ya, jadi selain praktis juga irit tentunya.

4. Ada Berbagai Promo Menarik Jika Bertransaksi Menggunakan QRIS

Bunda sudah pernah menggunakan QRIS untuk berbelanja? Kalau sudah berarti Bunda tahu dong kalau pembayaran menggunakan QRIS seriingkali mendaparkan promo tertentu, seperti cashback atau potongan harga. Meskipun tidak besar, tapi jika dihitung-hitung cashback yang didapat jumlahnya sangat lumayan lho, dan bisa digunakan untuk belanja kembali. Apalagi saat ini semakin banyak merchant yang menyediakan layanan pembayaran menggunakan QRIS, bahkan di pasar-pasar tradisional. Selain belanja jadi lebih praktis, Bunda juga berpeluang mendapat cashback atau promo menarik lainnya jika bertransaksi menggunakan QRIS.

5. Cara Menggunakan QRIS Sangat Mudah

Saat ini digital payment menggunakan QRIS sedang naik daun dan sangat digemari masyarakat dari berbagai kalangan, tidak hanya generasi milenial tapi juga ibu rumah tangga. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena cara menggunakan QRIS yang terbilang sangat mudah, dan bisa dilakukan bahkan oleh pengguna digital payment yang baru pertama kali bertransaksi menggunakan Kode QR ini. Jadi pengguna QRIS tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempelajari fitur tersebut, karena bisa langsung dipraktekkan untuk membayar belanjaan dengan nominal kecil sekalipun. Bahkan belanja dengan nominal Rp10 Ribu sekalipun bisa dibayar menggunakan QRIS lho, asalkan saldo di aplikasi digital payment mencukupi.

Tata Cara Menggunakan QRIS, Wajib Tahu Nih!

Penerapan kebijakkan standarisasi QR Code menggunakan QRIS sebenarnya sangat membantu kenyamanan masyarakat saat bertransaksi dengan digital payment. Selain praktis, cara menggunakan QRIS juga terbilang cukup mudah dan sangat cocok dipakai untuk transaksi sehari-hari, karena jumlah minimal nominal yang bisa dibayarkan melalui QRIS tidak di batasi. Bahkan, saya pernah bertransaksi menggunakan QRIS untuk membayar belanjaan yang kurang seribu rupiah lho! Nah, berikut tata cara menggunakan QRIS yang wajib Bunda ketahui ya.

cara menggunakan qris untuk digital payment
Foto: freepik.com

👉 Login Ke Aplikasi Digital Payment

Bunda, sebelum mulai melakukan pembayaran menggunakan QRIS melalui salah satu aplikasi digital payment atau dompet digital, pastikan telah mengunduh aplikasi tersebut di smartphone dan mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi digital payment. Setelah berhasil mengunduh, baik melalui Play Store untuk smartphone yang berbasis Android atau Apple App Store untuk berbasis IOS, segera melakukan registrasi. Baru setelah itu, pengguna bisa login dengan cara memasukkan User ID/nomor handphone dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selain login menggunakan User ID, pengguna juga bisa login menggunakan otentikasi biometrik, seperti sidik jari atau face ID yang terintegrasi pada smartphone Bunda.

👉 Pilih Menu QR

Setelah berhasil masuk dan mengakses berbagai fitur di aplikasi digital payment, pilih menu QR yang biasanya mudah diakses melalui bagian muka interface. Sebagai informasi, letak menu QR di berbagai aplikasi digital payment berbeda-beda ya Bunda, tergantung pengembangnya. Namun, sebagian besar memang meletakkan fitur QR di bagian muka interface sehingga sangat mudah diakses penggunanya.  Hadirnya menu QR selain mudah ditemukan di aplikasi digital payment, juga membantu pengguna melakukan transaksi lebih cepat. 

Berdasarkan pengalaman saya yang kebetulan sebagai pengguna di beberapa aplikasi digital payment, desain icon QR di buat dengan dimensi cukup besar serta hadir dengan warna yang umumnya langsung menarik perhatian. Jadi pengguna aplikasi digital payment tidak perlu repot-repot mencari menu QR dalam aplikasi, dan jangan lupa isi saldo ya agar aplikasi digital payment bisa digunakan.

👉 Pindai QRIS

Setelah memilih tombol scan, segera pindai kode QR yang tersedia di counter kasir merchant. Pada beberapa aplikasi digital payment, fitur pindai QR Code ini juga bisa untuk melakukan transfer maupun menerima uang dari dari sesama pengguna aplikasi digital payment. Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwa QR Code terbagi dalam dua jenis, yaitu QR statis dan QR dari EDC. Untuk QR statis, pengguna perlu memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, sedangkan QR EDC sudah otomatis terisi nominal yang harus pengguna bayarkan.

👉 Masukan Nominal Pembayaran

Setelah kode QR berhasil dipindai, periksa terlebih dahulu dan sesuaikan nama merchant yang tampil di layar smartphone dengan panel QRIS yang terdapat pada counter kasir saat akan melakukan digital payment. Selanjutnya, masukkan nominal pembayaran sesuai dengan jumlah pembelanjaan Bunda ya! Agar aplikasi digital payment bisa digunakan, jangan lupa isi saldo dari berbagai sumber dana yang Bunda miliki. Saat ini, aktivitas isi saldo berbagai aplikasi digital payment sangat mudah karena hampir semua perbankan support aktivitas ini.
Peringatan!! Konsumen atau pengguna Aplikasi Digital Payment harus membudayakan untuk menggunakan pembayaran QR dan memverifikasi keakuratan setiap melakukan pembayaran. Saat mengunduh aplikasi digital payment untuk menggunakan QRIS, pastikan hanya menggunakan aplikasi PJSP yang authorized sesuai petunjuk masing-masing PJSP. Aplikasi PJSP sudah memiliki fitur keamanan untuk membantu mendeteksi dan mencegah fraud transaksi ke merchant palsu.

Setelah memindai QRIS, pengguna/konsumen harus memeriksa nama merchant yang ditampilkan pada aplikasi digital payment yang dipakai sesuai dengan nama merchant yang ditampilkan di atas label QRIS. Setelah pembayaran berhasil dilakukan, konsumen akan segera mendapat notifikasi pembayaran. Begitu juga dengan pemilik merchant akan menerima notifikasi. Agar lebih nyaman menggunakan QRIS, bisa cek PJSP penyelenggara QRIS berizin Bank Indonesia di sini.
👉 Konfirmasi

Setelah memasukan nominal pembayaran dan memiliki saldo yang cukup, periksa kembali data transaksi yang akan dilakukan. Jika semua sudah benar lakukan konfirmasi dengan cara memasukan PIN atau Otentikasi Biometrik yang sudah didaftarkan serta terintegrasi pada smartphone. Setelah transaksi pembayaran berhasil dilakukan akan muncul halaman baru yang berisi laporan lengkap atas transaksi yang baru dilakukan, dan bisa diunduh untuk disimpan sebagai bukti pengeluaran tiap bulan.

Satu QRIS Untuk Semua Aplikasi Digital Payment

Sebagai informasi, untuk mendukung implementasi QRIS, Bank Indonesia telah menerbitkan ketentuan PADG No.21/18/PADG/2019 pada 16 Agustus 2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code Untuk Pembayaran. Sampai hari ini, QRIS telah tersedia di seluruh provinsi dan hampir seluruh kabupaten kota di Indonesia. Tidak hanya itu, QRIS kini telah digunakan oleh pedagang kecil di pasar tradisional, pusal perbelanjaan/mall, perguruan tinggi, sekolah, lokasi wisata, bayar parkir, dan masih banyak lagi. Hal ini didukung oleh cara daftar QRIS yang terbilang mudah. sehingga banyak UMKM yang menjadi merchant-nya.

Sebagai digital payment, QRIS memang memiliki sejumlah keunggulan seperti yang diuraikan panjang lebar di atas. Ternyata tidak hanya itu, QRIS menjelma menjadi salah satu digital payment yang sangat diminati masyarakat dan terbukti dengan jumlah transaksi per tahun 2021 yang mencapai ratusan juta, karena satu QRIS bisa untuk semua aplikasi digital payment. Dengan QRIS, pengguna/konsumen bisa lebih leluasa dan fleksibel dalam memilih aplikasi digital payment dengan menu QR Code ketika melakukan transaksi.

satu qris untuk semua aplikasi digital payment
Sumber Ilustrasi: freepik.com

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan kondisi sebelumnya, dimana konsumen/pengguna dihadapkan serta harus memilih QR Code dari berbagai penyedia aplikasi digital payment sebelum melakukan transaksi pembayaran. Tapi sekarang berbeda, karena pengguna/konsumen hanya dihadapkan pada satu QR Code, yaitu QRIS yang dapat menerima pembayaran dari aplikasi digital payment manapun. Dengan kata lain, QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja dengan mudah dan cepat, tinggal scan dan bayar tanpa biaya tambahan!
Lantas, bagaimana jika terdapat kendala jaringan internet tiba-tiba down dan konsumen mengalami masalah saat melakukan digital payment menggunakan QRIS? Jika pengguna/konsumen mengalami masalah saat transaksi pembayaran menggunakan QRIS, bisa menghubungi call center penyedia aplikasi digital payment terkait dan merchant yang memiliki QR Code untuk menyampaikan masalah dan mencari solusinya.
Kemudahan serta keunggulan yang ditawarkan QRIS ini, tidak lepas dari semangat UNGGUL (UNiversal, Gampang, Untung, dan Langsung) yang diusungnya, yang mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, hingga pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.
  • UNiversal, dimana QRIS dapat menerima pembayaran dari aplikasi digital payment apapun asalkan tersedia menu QR Code yang telah terstandarisasi Bank Indonesia.
  • Gampang, konsumen/pengguna tinggal scan dan bayar.
  • Untung, konsumen/pengguna akan mendapatkan banyak manfaat seperti kemudahan serta keamanan saat melakukan transaksi digital payment.
  • Langsung, pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika, baik pengguna maupun merchant langsung mendapat notifikasi.
Bagaimana? Pastinya Bunda semua langsung tertarik untuk terus-menerus menggunakan QRIS saat bertransaksi menggunakan digital payment. Atau justru Bunda tertarik untuk memulai usaha karena keberadaan QRIS juga memberikan banyak benefit untuk pemilik usaha yang bergabung menjadi merchant QRIS. Apalagi saat ini, tersedia Aplikasi Usaha yang memudahkan pelaku bisnis pemula menjalankan bisnisnya, seperti Aplikasi Usaha SooltanPay.

Apapun Usahanya, SooltanPay Aplikasinya!

Bagi Bunda yang saat ini sedang berencana atau bahkan sudah memiliki usaha sendiri, meskipun masih skala rumahan dan kecil-kecilan, tidak perlu khawatir untuk urusan mengelola keuangan usaha tersebut. Saat ini sudah hadir Aplikasi Usaha SooltanPay yang memiliki berbagai fitur untuk membantu pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. SooltanPay merupakan Aplikasi Usaha yang memiliki berbagai fitur untuk membantu UMKM mengelola bisnisnya lebih mudah, seperti:
  • Pembayaran QRIS gratis yang sudah terintegrasi dengan Bank Indonesia. Dengan fitur ini, pemilik usaha dapat menyediakan berbagai metode digital payment sesuai kenyamanan konsumen yang lebih suka bertransaksi non-tunai. Di SooltanPay, biaya QRIS gratis lho, bahkan bisa mengajukan permintaan pengiriman QRIS fisik melalui aplikasi secara gratis.
  • Top Up dan Tagihan untuk tambahan penghasilan, di mana pemilik bisnis sebagai pengguna SooltanPay bisa menjual pulsa, paket data, token listrik, voucher game, top-up e-wallet, hingga membayar aneka tagihan.
  • Fitur kasir, yang memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan transaksi penjualan. Aplikasi Usaha SooltanPay sudah dilengkapi dengan cetak struk digital dan fisik yang bisa diberikan pada konsumen/pelanggan saat bertransaksi. Selain itu, dengan fitur ini pemilik bisnis bisa mendapatkan laporan penjualan dan perhitungan keuntungan secara praktis.
Nah, dengan Aplikasi Usaha SooltanPay, UMKM dalam menjalankan usahanya jadi lebih praktis dalam menyediakan alternatif pembayaran, mendapatkan tambahan penghasilan, dan efisiensi operasional bisnis sehari-hari mudah tercapai. Apalagi QRIS sudah support semua aplikasi digital payment sehingga konsumen bisa membayar produk yang dibeli apapun metode pembayaran non-tunai yang dimilikinya, asalkan memiliki menu QR Code di aplikasinya.

SooltanPay
Foto: Koleksi Pribadi

Kepraktisan penggunaan QRIS sebagai digital payment tidak hanya memberikan banyak benefit bagi konsumen atau pengguna aplikasi digital payment, tapi juga bagi merchant atau pemilik usaha yang bisa menyediakan berbagai alternatif pembayaran dengan mudah. Jadi tidak ada salahnya bagi Bunda yang tertarik ingin memiliki bisnis sendiri, bisa lho memulai langkahnya dari sekarang, apalagi ada Aplikasi Usaha SooltanPay yang bisa membantu Bunda mengelola bisnis lebih mudah. 

Tidak hanya itu, menggunakan QRIS juga menjadi cara meningkatkan inklusi keuangan digital, perluasan teknologi digital, dan literasi keuangan di Indonesia, khususnya ibu rumah tangga. Jadi tunggu apa lagi, yuk belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, bayarnya pakai QRIS dari semua aplikasi digital payment di Indonesia, tinggal scan saja!

Sumber Referensi Artikel:
https://www.bi.go.id/QRIS/
https://www.sooltanpay.id/
https://qris.id/
Baca Juga

Posting Komentar

11 Komentar

  1. QRIS ini sangat memudahkan dan membuat orang tidak perlu bawa banyak uang kertas. Perpindahan uang elektronik lebih aman dan ramah lingkungan tentunya

    BalasHapus
  2. Dengan adanya QRIS belanja semakin mudah ya. Peluang transaksi semakin banyak. Baik penjual maupun pembeli
    diuntungkan dengan QRIS.

    BalasHapus
  3. Adanya dompet digital dan Qris sendiri memudahkan urusan transaksi kita ya. Sehingga gak perlu ribet bawa uang yang kemungkinan bisa dicuri atau hilang. Praktis banget cocok untuk ibu seperti aku yang gak mau ribet.

    BalasHapus
  4. kemajuan teknologi semakin mempermudah cara kerja kita ya mba, bayar apa aja tuh gampang banget tinggal scan

    BalasHapus
  5. Saya udah beberapa kali melakukan transaksi pake QRIS, mudah banget, Gak perlu bawa dompet, cukup ponsel doang, yang penting no pin jangan lupa. Syukur ya, teknologi memudahkan semuanya.

    BalasHapus
  6. QRIS juga bisa digunakan di luar negeri ya. Beberapa waktu lalu, ada saudara yang ke Swiss, Belanda, Prancis. Katanya kebanyakan pembayaran di sana sudah menggunakan digital. Malah lebih aman soalnya gak bawa tunai banyak-banyak.

    BalasHapus
  7. Urusan pembayaran jadi praktis banget dengan adanya QRIS ... satu kode untuk semua digital payment.

    BalasHapus
  8. Info edukasi yg sangat diperlukan saat ini, pasca pandemi Covid-19, teknologi qris semakin banyak dikenal, tapi tidak banyak yg paham. Kami termasuk yg kurang paham... Hehehe, tapi setelah membaca ini, kami paham. Terima kasih

    BalasHapus
  9. Seiring bertumbuhnya e-money, pembayaran memakai QRIS semakin mudah saat ini ya, jadi lebih enak bayar2 tanpa bawa duit banyak. Semoga bisa diterapkan sampai ke pasar dan warung2 ya, keren banget kalo semua orang bisa bayar pake QRIS ini :)

    BalasHapus
  10. Serius, semenjak ada QRIS ini jadi jarang yang namanya bawa uang cash. Belanja jadi lebih cepat karena gak harus nunggu uang kembalian lagi..

    BalasHapus
  11. Memudahkan sekali yaa transaksi apapun sekarang, abang2 gorengan pinggir jalan juga pake QRIS bener2 cashless.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan membaca tulisan saya, semoga menginspirasi. Mohon maaf jika meninggalkan Link Hidup akan saya hapus.