8 Tips Persiapan Sebelum Menempati Rumah Baru

persiapan pindah rumah

Bunda...pindah rumah seharusnya menjadi satu moment yang menyenangkan dan memberikan pengalaman baru baru putra-putri tercinta, karena akan menghadapi lingkungan yang baru. Tapi aktivitas yang dilakukan dalam rangka mempersiapkan kepindahan terkadang menjadi sesuatu yang menjengkelkan, membuat lelah dan stress, karena begitu banyak hal yang harus dipersiapkan agar kepindahan nanti berjalan dengan lancar.

Selain mempersiapkan dan packing barang-barang di rumah lama, ternyata kita juga harus melakukan persiapan sebelum pindah ke rumah baru agar nyaman dan segera bisa ditempat, apalagi jika kita memiliki anak-anak berusia bayi dan balita. Karena itu, pastikan rumah baru yang akan kita tempati telah memenuhi kebutuhan untuk melakukan berbagai aktivitas pertama kali akan kita lakukan. Berikut 8 tips yang bisa dilakukan untuk melakukan persiapan sebelum pindah ke rumah baru.

8 Tips Persiapan Sebelum Menempati Rumah Baru

1. Pastikan Fasilitas yang Tersedia Sesuai Dengan Perjanjian Jual Beli

Sebelum menempati rumah baru, lakukan checking secara menyeluruh apakah fasilitas yang tersedia di rumah sudah sesuai dengan yang tercantum dalam perjanjian jual beli yang telah disepakati dan ditandatangani.

2. Bersihkan Rumah yang Akan Ditempati Terlebih Dahulu

Mempersiapkan rumah baru agar layak dan nyaman di huni bisa dimulai dengan membersihkan ruangan-ruangan dalam rumah, terutama ruangan yang sangat dibutuhkan setelah pindah ke rumah baru, yaitu kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan gudang, agar setelah pindah bisa langsung diisi perabotan. Pastikan juga jendela dan ventilasi (lubang angin) telah dibersihkan, agar sirkulasi udara lancar dan membuat ruangan dalam rumah lebih sehat, jangan lupa untuk menutup ventilasi tersebut dengan kasa nyamuk agar masuk tidak leluasa masuk ke dalam rumah.

3. Cek Fasilitas Listrik

Periksa meteran listrik di rumah baru, apakah berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan, setelah itu segera periksa apakah arus listrik telah tersambung dengan baik, karena aliran listrik sangat penting untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah, selain itu, periksa lampu-lampu di ruangan-ruangan rumah baru apakah masih berfungsi dengan baik dan segera ganti dengan bohlam baru jika ada yang rusak atau putus.

4. Cek Fasilitas Air dan Toilet

Sebelum pindah ke rumah baru, pastikan apakah aliran air telah tersedia, karena air sangat dibutuhkan ketika pertama kali pindah ke rumah baru untuk berbagai kebutuhan seperti mencuci, mandi, buang air besar/kecil, dan sebagainya. periksa juga apakah ada kebocoran pada pipa dan keran, untuk menghindari pemborosan air dan tagihan listrik/air yang melonjak. Selain itu, pastikan juga apakah fasilitas toilet berjalan lancar dan bisa segera digunakan, karena toilet termasuk kebutuhan yang sangat vital ketika pertama kali menempati rumah baru.

5. Pasang Alarm Untuk Keamanan Rumah

Meskipun dianggap tidak terlalu penting, namun jika dimungkinkan kita dapat segera memasang alarm untuk menghindari pencurian, apalagi jika kita menempati rumah baru di daerah yang belum kita kenal sama sekali, memasang alarm ini sangat membantu kita untuk selalu waspada.

6. Ganti Kunci Rumah

Meskipun terlihat sepele, tapi memeriksa dan jika perlu mengganti kunci rumah juga sangat penting dilakukan sebelum menempati rumah baru untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga untuk memastikan pintu-pintu rumah akan terkunci dengan aman.

7. Periksa Dengan Teliti Bagian Atap Rumah

Atap rumah baru juga sangat penting untuk diperiksa sebelum kita menempati rumah baru, karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah sangat besar ketika hujan yaitu bocor dan air akan mengenangi ruangan dalam rumah.

8. Amati Tetangga Sekitar Lingkungan Rumah

Poin terakhir juga tidak kalah penting, melihat keadaan lingkungan rumah baru, terutama tetangga di sekitar rumah. Paling tidak dengan memiliki beberapa tetangga dekat di lingkungan baru akan membuat kita lebih aman dan nyaman, terutama ketika harus bepergian ke luar kota, karena ada yang bisa kita mintai tolong untuk melihat-lihat rumah. Pastikan sebelum pindah ke rumah baru, kita telah berkenalan atau memperkenalkan diri pada tetangga terdekat agar kita bisa segera berinteraksi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah baru.

---

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai persiapan untuk menempati rumah baru, meskipun terlihat sedikit repot tapi pindah rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan jika telah direncanakan dengan baik dan melakukan persiapan secara menyeluruh. Jangan lupa untuk selalu libatkan anak-anak dalam persiapan pindah rumah, agar pengalaman pindah ke lingkungan baru menjadi lebih menyenangkan.

Untuk mengurangi kecemasan anak-anak saat pindah ke rumah dan lingkungan baru, Bunda bisa mengajak anak-anak melihat lingkungan disekitar rumah baru sebelum waktunya pindah. Jika Bunda tidak memiliki banyak waktu luang, bisa memanfaatkan berbagai situs di internet untuk memperlihatkan kondisi serta fasilitas disekitar lingkungan rumah, seperti Google Maps. 

peta digital google maps

Salah satu fitur pada Google Maps yang bisa Bunda maksimalkan untuk melihat kondisi disekitar rumah adalah Fitur Street View. Apa itu Street View? Dilansir dari laman Support Google, saat ini Google Maps telah menggunakan salah satu teknologi panorama 360 derajat yang bertujuan agar pengguna bisa melihat pemandangan tanpa batas secara virtual. Nah Bunda, untuk memaksimalkan teknologi inilah, Google Maps menyematkan Fitur Street View.

Jadi Street View merupakan fitur yang memberikan gambaran umum lokasi yang akan dicari dengan sudut pandang 360 derajat. Cara menggunakan fitur ini sangat mudah, hanya dengan menelusuri lokasi atau rumah yang dituju, kemudian letakkan Pin, lalu ketuk penanda tempat tersebut. Terakhir sentuh atau klik fitur tersebut agar terlihat secara menyeluruh kondisi rumah dan lingkungan disekitar. Fitur Street View ini bisa diakses melalui Aplikasi Google Maps pada ponsel berbasis Android dan situs Google Maps pada PC. Selamat mencoba ya Bunda!
Baca Juga

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Yupp aplikasi street view bermanfaat banget dan kami sering pakai ketika traveling. Sebelum berangkat cek street view sambil.membayangkan lokasi2 yang akan kami datangi.

    BalasHapus
  2. Keren ini tipsnya..
    Listrik dan air itu penting banget buat dicek. Kalau gak dicek, bisa berabeh. Kawan saya pernah beli rumah, dan karena percayaan bae, 1 minggu kerepotan karena air mereka yang gak naik ke tandon. Jadinya kalau mandi dan nyuci kudu beli air dulu..

    BalasHapus
  3. Google maps atau google street view memang kian bagus saja ya fiturnya, saya dan anak suka sekali melihat jalan sekitar rumah, dan memang ada saja hal yang baru kalau melihat peta jalannya :)

    BalasHapus
  4. Lingkungan sekitar menurut saya ngaruh banget sih mb soalnya tetangga ni yang nantinya menjadi partner interaksi kalu ada apa2

    BalasHapus
  5. Meskipun blog ini ditujukan ke bunda, tapi gpp ayah² juga bisa nambah informasi penting ya... hehehe... Informasi yg dibagikan sederhana, tapi penting karena mungkin banyak orang tidak notice, terutama poin 7 & 8. Terima kasih telah berbagi..

    BalasHapus
  6. Rasanya senang banget bisa pindahan ke rumah baru ya mbak. Cuma ya itu printilannya banyak dan kita emak-emak harus sabar menjalani proses pindah rumah ini.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan membaca tulisan saya, semoga menginspirasi. Mohon maaf jika meninggalkan Link Hidup akan saya hapus.