5 Ide Bisnis Makanan yang Menguntungkan

ide bisnis makanan

Bunda ingin memulai bisnis makanan yang menguntungkan? Ada banyak ide bisnis yang mungkin bisa Bunda pilih untuk membangun bisnis makanan. Mengapa harus berbisnis makanan? Karena bisnis ini relatif lebih mudah dipasarkan karena hampir semua orang menyukai makanan enak dan yang terpenting suka jajan. Kebiasaan jajan sepertinya sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang, bahkan nyaris semua anak-anak tidak lepas dari kebiasaan jajan. Hal inilah yang menyebabkan usaha makanan selalu menjadi pilihan favorit bagi para pelaku bisnis pemula.

Selain itu, besarnya modal untuk membuka bisnis makanan relatif lebih sedikit dibandingkan jenis usaha lainnya. Bahkan, Bunda bisa memulai bisnis makanan dari rumah sehingga modal yang diperlukan relatif lebih kecil karena tidak membutuhkan tempat untuk memulai usaha. Namun, apapun itu dari tahun ke tahun bisnis makanan semakin menjamur di berbagai tempat dan anehnya selalu ada saja datang untuk membeli makanan tersebut. Berikut 5 ide bisnis makanan yang menguntungkan, yang bisa Bunda pilih untuk memulai bisnis sendiri.

5 Ide Bisnis Makanan yang Menguntungkan

Membuat Aneka Makanan Ringan dan Kue Basah

Hampir semua orang menyukai makanan ringan, seperti gorengan, kue, agar-agar, dan sebagainya, dan jika Bunda suka membuat panganan kecil semacam ini, bisa memunculkan peluang bagi Bunda untuk menjualnya. Beruntung jika lokasi tempat tinggal berada dekat sekolah atau pusat keramaian sehingga Bunda tidak memerlukan lokasi khusus untuk menjual aneka makanan ringan tersebut.

Menjual Aneka Macam Sayur dan Lauk Matang

Zaman sekarang, orang lebih suka yang praktis sehingga usaha jenis ini pasti memberikan peluang bisnis yang sangat menjanjikan, terutama jika tempat tinggal Bunda berada di kompleks perumahan atau dekat dengan perkantoran. Bunda bisa menjual berbagai macam sayur atau lauk pauk matang yang siap santap, dan jika rasanya enak, bukan tidak mungkin jika ada pesta atau hajatan, konsumen setia Bunda akan memesan makanannya di tempat Bunda.

Menjual Aneka Makanan Beku (Frozen Food)

Untuk orang yang sibuk, selalu menginginkan segala sesuatu yang praktis dan cepat. Hal inilah yang menyebabkan bisnis makanan beku atau Frozen Food sangat laris di pasaran, dan bisa memunculkan aneka peluang jika Bunda bisa memanfaatkannya. Untuk menjualnya, Bunda tidak perlu menyewa tempat dengan harga yang mahal karena Bunda bisa memulainya dari rumah dan tetangga terdekat adalah konsumen awal Bunda. Selain praktis, kandungan gizi dalam makanan Frozen Food di klaim masih tinggi dan terjaga sehingga aman untuk mengkonsumsinya termasuk untuk anak-anak.

Membuka Warung Bakso atau Mie Ayam

Bakso dan mie ayam, merupakan jenis makanan yang memiliki penggemar sangat banyak sehingga peluang untuk membuka bisnis jenis makanan ini sudah pasti menjanjikan keuntungan untuk Bunda. Jika rasanya enak, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan ke warung makan yang Bunda buka, namun jika Bunda belum memiliki modal yang besar untuk menyewa tempat, Bunda bisa memanfaatkan teras atau garasi rumah untuk memulai bisnis ini asalkan rumah Bunda berada di lokasi yang cukup ramai dan strategis.

Menjual Berbagai Jenis Asinan

Asinan adalah jenis makanan yang sangat menyegarkan sehingga sangat disukai oleh banyak orang. Bahkan, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas berupa asinan, seperti asinan Bogor dan kota lainnya. Jika Bunda memiliki keahlian dalam membuat jenis makanan ini, Bunda bisa mencoba untuk menjualnya dan menjadikan jenis makanan ini sebagai peluang untuk memulai bisnis makanan.

Ada banyak jenis bisnis makanan yang menjanjikan peluang usaha berprospek cerah. Namun, pastikan bisnis makanan yang menguntungkan ini tidak berbalik menjadi merugikan Bunda jika tidak mampu mempertahankan rasanya. Dalam bisnis makanan, kualitas makanan bukan hanya ditentukan oleh komposisi bahan dan keamanan bahan baku yang dipergunakan saja, melainkan juga ditentukan kualitas rasa yang dihasilkan oleh makanan tersebut. jika ingin bertahan lama dalam bisnis ini, Bunda harus konsisten dengan kualitas makanan yang dijual sehingga Bunda akan memiliki konsumen yang loyal dengan jenis makanan yang di jual. Ayo kembangkan ide bisnis makanan Bunda, dan pertahankan kualitasnya!

Lantas, bagaimana dengan pemasarannya? Nah, Bunda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pemasaran. Bahkan ada beberapa jenis bisnis makanan yang bisa dijual secara online dengan jangkauan pasar hingga ke luar daerah bahkan mancanegara. Jika Bunda merasa bingung atau merasa tidak mampu menggunakan perangkat teknologi, Bunda bisa belajar atau menggunakan berbagai platform pemasaran digital yang telah menyediakan fitur ramah pengguna pemula.

Jika bisnis makanan yang dibangun Bunda termasuk dalam jenis UMKM akan lebih mudah, karena saat ini UMKM sangat banyak mendapat dukungan, baik dari pemerintah maupun swasta untuk masuk ke pasar digital dengan tujuan utama memperluas jaringan pemasaran.  Bahkan tidak hanya membantu UMKM dalam hal pemasaran, platform digital tersebut membantu pemilik bisnis mengelola usahanya dengan manajemen yang lebih baik dan terintegrasi, termasuk laporan keuangan. Jadi jika Bunda sudah memiliki ide memulai bisnis makanan, segera eksekusi dan kembangkan ide bisnis Bunda ya!
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar